(021) 739 7973

Sistem Komputer

Perkembangan perangkat keras di dunia teknologi informasi telah berkembang sangat pesat. Komputer (prosesor komputer) telah digunakan di berbagai bidang seperti mesin-mesin industri, alat-alat rumah tangga, bidang keamanan, otomotif, dan mainan elektronik (games). Program Studi Sistem Komputer STMIK Jakarta STI&K didirikan untk mengakomodir kebutuhan pada tenaga ahli di bidang perangkat keras komputer. Saat ini Program Studi Sistem Komputer STMIK Jakarta STI&K memiliki Akreditasi A berdasarkan pada keputusan dari BAN PT dengan Nomer 2280/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2018.


Visi Misi

Visi Pada tahun 2022 menjadi program studi Sistem Komputer terkemuka di bidang sistem tertanam dan sistem berbasiskan jaringan komputer di tingkat nasional.

Misi Program Studi Sistem Komputer adalah:

  1. Melaksanakan pendidikan tinggi yang berkualitas dengan tata kelola yang baik dalam bidang sistem tertanam berbasiskan perangkat logika terprogram dan komunikasi data pada jaringan komputer.

  2. Mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengembangan di dalam bidang sistem tertanam berbasiskan perangkat logika terprogram dan komunikasi data pada jaringan komputer.

  3. Mengambil peran penting dalam bidang ilmu Sistem Komputer dan pengembangannya.

  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai wujud pengejawantahan ilmu pengetahuan.

Profil Kompentensi Lulusan

Program Studi Sistem Komputer bertujuan menghasilkan lulusan yang :

  1. Menguasai dasar ilmu dan teknologi pengolahan informasi berbasis komputer sehingga mampu menganalisis, merancang, membangun, dan menerapkan perangkat keras;

  2. Mampu merancang dan mengembangkan sistem tertanam berbasiskan perangkat logika terprogram dan sistem berbasiskan jaringan komputer;

  3. Menguasai dasar ilmu dan teknologi komunikasi, jaringan komputer sehingga mampu merancang, mengkonfigurasi, dan mengelola jaringan komputer;

  4. 4. Mampu berperan serta di masyarakat melalui penerapan dan penyebarluasan hasil pengembangan dan penelitian;

  5. Memiliki profesionalisme yang tinggi dalam penerapan ilmu pengetahuannya di masyarakat.

Kurikulum

Program Studi Sistem Komputer menggunakan kurikulum berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Pada tahun 2020 Program Studi Sistem Komputer mengembangkan kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka berdasarkan pada Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dimana mahasiswa memiliki hak untuk belajar selama 3 semester di luar program studi. Penempatan dan pelaksanaan semester belajar di luar program studi disesuaikan dengan kondisi yang ada pada program studi. Proses belajar pada kurikulum Merdeka Belajar - Kampus Merdeka di Program Studi Sistem Komputer mengikuti acuan dari Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan menyisipkan pembelajaran di luar Program Studi Sistem Komputer, yaitu di Semester 4, 5, dan 6.

Prospek & Peluang Kerja

Sarjana Sistem Komputer dapat bekerja dan berkarir di bidang teknologi informasi dan sistem informasi korporasi, pengelola jaringan komputer, pengelola perangkat keras dan perangkat lunak komputer, e-business di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta. Lulusan sistem komputer dapat bekerja di antar lain di lembaga Pemerintah, BUMN, IT/IS consultant, perusahaan telekomunikasi, industri manufaktur, perbankan, asuransi dan lembaga keuangan lainnya, lembaga penelitian, perusahaan jasa (transportasi, pariwisata, hotel dan lain lain), perusahaan networking, internet service provider, serta pada perguruan tinggi.

Apa Kata Alumni?

Berikut kesan beberapa alumni program studi Sistem Komputer setelah menjadi mahasiswa di kampus STMIK Jakarta STI&K